Universitas – universitas terbaik di Tiongkok dapat dirangkum melalui suatu quote yang sedang populer di Tiongkok saat ini: “Wen shang Beida, li du Qinghua, bu pa si de qu Keda…” yang artinya adalah: “Ingin belajar budaya, pergilah ke Universitas Peking; ingin belajar sains, pergilah ke Universitas Tsinghua; yang tidak takut mati, pergilah ke Universitas Sains dan Teknologi China.” Kalimat ini menunjukkan betapa kerasnya kehidupan studi di Universitas Sains dan Teknologi China. Demografis tempat universitas ini berdiri menjadikan para mahasiswanya memiliki sifat seorang pejuang yang selalu ingin maju sehingga menciptakan lingkungan belajar yang sangat kondusif dan menjadikan Universitas Sains dan Teknologi China menduduki posisi pertama 10 universitas terbaik Tiongkok.

Berikut ini adalah ringkasan daftar 10 universitas terbaik di Tiongkok versi Shijie Zuiwang:

  1. Universitas Sains dan Teknologi China
Keda
Universitas Sains dan Teknologi China

Melalui kurang lebih 4 jam perjalanan darat ke arah selatan Beijing, Anda akan menemukan kota Hefei, di mana Universitas Sains dan Teknologi China berlokasi. Berdiri pada tahun 1958 di Beijing, universitas yang relatif masih berusia muda ini pindah lokasi ke Hefei selama revolusi kebudayaan Tiongkok pada tahun 1970. Walaupun tidak ada satu pun jurusan yang menduduki 50 besar ranking dunia, namun  Universitas Sains dan Teknologi China tampil dalam 250 besar dunia melalui 10 jurusannya. Selain itu jurusan farmasi termasuk dalam 400 besar dunia.

2. Universitas Peking

universitas terbaik di tiongkok beijing daxue
Universitas Peking

“Universitas bukan hanya sebuah gedung tinggi, tetapi juga memiliki pengajar yang baik di dalamnya.” Ucapan terkenal dari pimpinan Universitas Tsinghua terdahulu ini tampaknya lebih tepat untuk menggambarkan Universitas Peking masa kini. Sebagai salah satu universitas terbaik di Tiongkok, berlokasi di ibu kota yang strategis menjadikan mahasiswa Universitas Peking memiliki lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan orang – orang terkenal dari berbagai daerah. Lingkungan seperti ini menjadikan Universitas Peking memiliki situasi belajar yang kondusif.

Universitas Peking telah beroperasi sejak tahun 1898 dan  saat ini menerima lebih dari 30000 mahasiswa, di mana setengah di antaranya adalah mahasiswa pasca sarjana. Universitas ini dikenal dengan bangunan kampus utamanya yang mempertahankan arsitektur Tiongkok kuno. 31 jurusan Universitas Peking tampil dalam daftar ranking jurusan sedunia. 22 disiplin ilmu yang menduduki 50 besar dunia di antaranya adalah, akuntansi dan keuangan, kimia, kedokteran gigi, bahasa dan literatur Inggris, studi lingkungan, bahasa modern, hukum, dan farmasi.

3. Universitas Nanjing

Nanjing_University
Universitas Nanjing

Sebagai anggota dari Yangtze Delta Universities Alliance, Universitas Nanjing diresmikan sebagai universitas pada tahun 1902, walaupun insitusi ini sendiri telah berdiri selama berabad – abad sejak tahun 258 sesudah masehi. Saat ini Universitas Nanjing memiliki hampir 30000 mahasiswa. Kampus utamanya berlokasi di Nanjing, Jiangsu, Tiongkok timur, sebuah kota yang pernah menjadi ibu kota negara selama beberapa periode dan memiliki banyak sekali nilai sejarah yang berharga.

Tampil secara internasional melalui 22 jurusan kuliahnya, jurusan arsitektur Universitas Nanjing memiliki posisi tertinggi (dalam 100 besar dunia).

4. Universitas Tsinghua

Qinghua Daxue
Universitas Tsinghua

Universitas Tsinghua memiliki sekumpulan mahasiswa terbaik dari seluruh negeri, menjadikannya universitas yang diteladani banyak mahasiswa. Dibandingkan dengan ‘saingan’ terberatnya – Universitas Peking – Universitas Tsinghua memiliki semangat yang lebih menonjol. Universitas Tsinghua yang diberkati dengan kejayaan, pada saat bersamaan juga memikul tanggung jawab yang besar.

Universitas Tsinghua yang secara konsisten bertengger dalam 10 besar universitas di Tiongkok ini berlokasi di Beijing. Universitas Tsinghua saat ini menerima 45000 mahasiswa dari 19 sekolah. 31 satu jurusan kuliahnya menduduki 50 besar dunia, di antaranya adalah arsitektur, seni dan desain, bisnis dan manajemen, teknik kimia, kimia, teknik sipil, teknik komputer, teknik elektro, studi lingkungan, hukum, teknik bahan bangunan, teknik mesin, bahasa modern, fisika dan astronomi, politik, serta statistik.

5. Universitas Fudan

Fudan Daxue
Universitas Fudan

Berlokasi di kota perekonomian Shanghai, Universitas Fudan tidak menerima tekanan kemajuan teknologi dan persaingan yang ketat seperti Universitas Tsinghua dan Universitas Peking. Mungkin karena dipengaruhi budaya wilayah pesisir, warga Fudan cenderung lebih santai, namun tentu saja ini tidak berpengaruh terhadap sikap belajar mereka yang serius.

Universitas Fudan menerima lebih dari 30000 mahasiswa dari 17 sekolah, menjalankan 10 buah rumah sakit untuk pusat pembelajaran serta memiliki Institut Seni Visual Shanghai sebagai suatu bagian independen dari Universitas Fudan.

Dari 24 jurusan Universitas Fudan yang masuk dalam ranking dunia, jurusan bahasa modern dan politik termasuk dalam 50 besar dunia.

6. Universitas Lanzhou

Lanzhou Daxue
Universitas Lanzhou

Sama seperti Universitas Sains dan Teknologi China, lokasi yang jauh dari keramaian membuat prestise dan kehebatan Universitas Lanzhou tiada tandingannya, pandangan sinis dunia luar terhadapnya justru memacu Universitas Lanzhou untuk terus berkembang dan menjadi yang terbaik.

Universitas Lanzhou adalah salah satu universitas penelitian utama untuk wilayah Lanzhou, propinsi Gansu. Berdiri pada tahun 1909, Universitas Lanzhou merupakan salah satu universitas yang dibawahi oleh Departemen Pendidikan Tiongkok. Universitas Lanzhou berlokasi di daerah berkembang sebelah barat laut Tiongkok yang jauh dari hiruk pikuk kota besar, sehingga memberikan lingkungan belajar yang sangat tenang.

7. Universitas Pertanian Tiongkok Selatan

Huanan Daxue
Universitas Pertanian Tiongkok Selatan

Universitas Pertanian Tiongkok Selatan atau South China Agricultural University (SCAU) adalah universitas utama dalam “proyek 211” yang merupakan kerja sama antara pemerintah propinsi Guangdong dengan Departemen Pertanian. Kampus utama berlokasi di Wushan, kota Guangzhou, yang juga dijuluki sebagai “Kota Bunga.”

Universitas Pertanian Tiongkok Selatan berdiri pada tahun 1909 dengan jurusan pertanian dan biologi sebagai dua jurusan utamanya. Jurusan – jurusan yang ada seperti: pertanian, teknik, budaya, sains, ekonomi, manajemen, hukum, seni  semuanya berkembang dengan pesat.

8. Universitas Wuhan

Wuhan Daxue
Universitas Wuhan

Universitas Wuhan berlokasi di kota Wuhan, propinsi Hubei, Tiongkok; merupakan universitas yang berada di bawah pengelolaan Departemen Pendidikan Tiongkok, juga merupakan penerima dana utama untuk “proyek 985,” “proyek 211,” dan “rencana 2011.” Universitas Wuhan sebagai salah satu dari 4 sekolah ternama di Tiongkok memiliki hubungan yang erat dan kerja sama yang luas dengan Perancis, majalah Science menyebutnya sebagai “universitas yang paling terkemuka di Tiongkok.”

Universitas Wuhan saat ini memiliki lebih dari 50000 mahasiswa, 1500 di antaranya adalah mahasiswa asing dari berbagai negara. Universitas Wuhan tampil dalam ranking dunia dengan 10 jurusannya, salah satunya, yaitu jurusan filosofi, termasuk dalam 100 besar dunia.

 9. Universitas Sains dan Teknologi Huazhong

Huazhong Da
Universitas Sains dan Teknologi Huazhong

Universitas Sains dan Teknologi Huazhong berlokasi di kota Wuhan, propinsi Hubei, merupakan universitas yang berada di bawah kendali langsung Departemen Pendidikan Tiongkok. Universitas ini menjadi universitas yang pertama dalam “proyek 985,” “proyek 211,” dan “rencana 2011.”

Universitas Sains dan Teknologi Huazhong juga menjadi salah satu anggota AC21 dan ASRTU, merupakan salah satu dari 10 universitas yang terlibat dalam proyek pembangunan sekolah kedokteran yang dikoordinasi oleh departemen kesehatan dan komite keluarga berencana negara. Merupakan salah satu dari dua universitas Tiongkok yang menerima penghargaan The Leadership and Excellence in the Application and Development of Integrated Manufacturing award (LEAD) dari SME. 发展目标:世界一流大学。

Target jangka panjang Universitas Sains dan Teknologi Huazhong adalah menjadi universitas nomor satu di dunia.

 10. Universitas Zhejiang

Zheda
Universitas Zhejiang

Universitas Zhejiang atau Zheda berlokasi di kota bersejarah yang memiliki julukan “Surga Dunia” – Hangzhou. Universitas Zhejiang sebelumnya adalah Akademi Qiushi yang berdiri pada tahun 1897, merupakan salah satu dari perguruan tinggi modern yang paling awal didirikan oleh masyarakat Tiongkok; pada tahun 1928 berubah nama menjadi Universitas Zhejiang. Di bawah kepemimpinan Zhu Kezhen, Universitas Zhejiang menjadi salah satu universitas yang paling menonjol di Tiongkok dan dijuluki sebagai “Cambridge Negara Timur” oleh Joseph Needham, seorang ilmuwan Inggris.

Universitas Zhejiang yang merupakan anggota C9 dan Yangtze Delta Alliance saat ini menerima lebih dari  45000 mahasiswa dan memiliki salah satu perpustakaan terbesar di antara seluruh universitas di Tiongkok.

Universitas Zhejiang tampil dalam ranking dunia dengan 20 jurusannya, di antaranya, yaitu jurusan pertanian dan kehutanan, arsitektur, teknik kimia, teknik sipil, dan teknik elektro termasuk dalam 100 besar dunia.